Kiper Persebaya, Miswar Saputar, menjadi satu di antara aktor penting Bajul Ijo menghadapi PSIS Semarang. Persebaya menang empat gol tanpa balas dalam laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jumat (20/9/2019).

Ini merupakan kemenangan terbesar Persebaya di laga tandang. Empat gol dicetak oleh pemain yang berbeda. Masing-masing adalah Otavio Dutra (29′), David da Silva (45′), Diogo Campos (49′), dan Osvaldo Haay (65′).

Miswar tercatat sudah lima kali mencetak nirbobol atau clean sheet selama Liga 1 2019. Tiga di antaranya dilakukannya saat Persebaya menjalani laga tandang. Masing-masing adalah Semen Padang (28/7/2019), Bhayangkara FC (31/8/2019), dan kali ini PSIS.

Penjaga gawang asal Aceh itu mengaku tidak mudah bisa membuat gawangnya tidak kebobolan dalam sebuah laga tandang.

“Kuncinya berdoa, keluar kandang kami berusaha membenahi permainan. Kami punya komunikasi yang lebih di barisan belakang,” kata Miswar.

“Nanti kami main di kandang, kami harus meningkatkan komunikasi lagi, supaya apa pun yang dihasilkan di partai tandang, kami bisa juga bisa menang di kandang,” imbuh kiper berusia 23 tahun itu.

Miswar sebenarnya tidak terlalu banyak mendapat ancaman. Hanya dua tembakan tepat sasaran yang dilepas pemain PSIS sepanjang pertandingan.

Hal itu juga tidak terlepas dari rapinya lini belakang Persebaya dalam menjaga pertahanan. Komunikasi mereka berjalan dengan baik, membuat Bruno Silva dkk. tidak bisa berbuat banyak.

“Kami, semua pemain, sudah mengikuti arahan dari pelatih. Kami berusaha menerapkan apa yang pelatih minta. Itu saja sebenarnya,” kata Miswar.