Wakil Jawa Tengah, tim Kelas Khusus Olahraga (KKO) Kota Surakarta, berhasil menjuarai Piala Menpora U-14 2019 yang dipusatkan di Kota Solo (26-29/8/2019).

Di partai final, tim sepak bola yang berbasis di SMP Negeri 1 Surakarta ini menang telak 3-0 atas wakil Banten di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (29/8/2019).

Kemenangan ini menjadikan Jateng mampu mempertahankan gelar. Pada 2018, SSB R2 Solo keluar sebagai pemenang Piala Menpora U-14.

Gol pertama KKO Solo dipersembahkan Gerrard Dwiki pada menit empat. Elang Vurgi Robben menggandakan keunggulan Jateng pada menit ke-17. Saiful Arifin mengunci kemenangan KKO Solo atas Banten di pengujung pertandingan.

Prestasi yang ditorehkan wakil Jateng tersebut bertambah dengan penghargaan individu. Gerrard Dwi menjadi pemain terbaik Piala Menpora U-14 2019, sedangkan Saiful Arifin memboyong gelar top scorer dengan torehan lima gol sepanjang turnamen.

Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Alman Hudri, mengatakan Jateng memang layak menyandang gelar juara. Ia menilai kualitas permainan dan kekompakan tim Kelas Khusus Olahraga (KKO) Kota Surakarta patut diacungi jempol.

“Saya berharap daerah-daerah lain, punya semangat pembinaan pada anak-anak secara rutin dan berkesinambungan,” ujar Alman di Stadion Sriwedari, Kamis (29/8/2019).

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan prestasi yang kembali diraih menjadi kebanggaan bagi warga Solo. Ia juga menilai gelar ini menjadi penanda kebangkitan sepak bola Solo di level junior.

“Usia mereka masih 14 tahun, namun memiliki potensi yang luar biasa. Ada satu dua pemain yang saya lihat memiliki ketenangan membawa bola. Ini sangat positif bagi masa depan Timnas Indonesia suatu saat nanti,” timpal FX Hadi Rudyatmo.