Pelatih Liverpool Jurgen Klopp memuji kerja keras Xherdan Shaqiri di sesi latihan dan menegaskan The Reds masih butuh jasanya pada musim baru ini.

Shaqiri pun kesulitan untuk mendapatkan tempat inti di skuat utamaLiverpool musim lalu. Ia hanya tampil sebanyak 30 kali di semua ajang kompetisi, dan seringnya sebagai pemain cadangan saja.

Dan pada musim ini, pemain berdarah Swiss tersebut masih belum mendapat kepercayaan tampil sebagai starter di skuat utama Liverpool. The Reds hanya memakai jasanya sekali di ajang Community Shield lalu.

ketika itu Shaqiri masuk sebagai pemain pengganti. Ia masuk di babak kedua menggantikan Roberto Firmino pada menit ke-79.

Jelang laga kontra Burnley pada akhir pekan ini, Klopp ditanya soal pemain 27 tahun tersebut. Ia mengatakan Shaqiri terus berlatih dengan giat meski belum mendapat kesempatan tampil di liga.

“Shaq berlatih dengan baik, itulah situasinya. Ini empat minggu pertama musim ini, begitulah. Itu mungkin periode tersulit bagi pemain yang tidak [bermain],” tutur Klopp pada situs resmi Liverpool.

“Dalam latihan, Shaq tidak perlu meningkatkan dengan cara apa pun jika ia dapat mempertahankan level yang ia tunjukkan saat ini,” sambung Klopp.

“Tentu saja ia bisa berkembang seperti yang bisa dilakukan pemain lain, tetapi ini bukan tentang itu. Ia tidak harus menunjukkan sesuatu yang istimewa. Kita akan membutuhkannya, ia tahu itu 100 persen,” tegasnya.

Klopp kemudian mengatakan bahwa Shaqiri bisa saja merasa tidak bahagia karena terus dicadangkan. Akan tetapi bagusnya, hal tersebut tak ia tunjukkan di sesi latihan.

“Apakah ia pemain paling bahagia di skuad? Saya kira tidak. Bisakah saya melihatnya di lapangan latihan? Tidak,” seru Klopp.

“Ia dalam suasana hati yang baik, berlatih keras, melakukan apa yang harus ia lakukan dan siap untuk saat ketika ia harus membantu tim di lapangan,” pungkas Klopp.

Xherdan Shaqiri sendiri dibeli oleh Liverpool pada musim panas 2018 lalu. Jurgen Klopp memberikannya kontrak di Anfield hingga tahun 2023 mendatang.