Pandemi virus corona di Spanyol tengah tinggi-tingginya saat ini. Tapi, hal itu tak menghalangi Real Sociedad untuk berlatih mulai pekan depan.

Spanyol adalah negara Eropa dengan jumlah penderita corona terbanyak mencapai 163.027 orang, 16.606 di antaranya meninggal dunia. Jumlah kematian di Eropa cuma kalah dari Italia.

Oleh karenanya Pemerintah Spanyol tengah memberlakukan lockdown sejak 14 Maret yang membuat semua kegiatan yang melibatkan massa banyak dihentikan, termasuk sepakbola. Klub-klub LaLiga saat ini tengah libur sampai batas waktu tidak ditentukan.

Apalagi sebelumnya sudah lumayan banyak pemain, staf pelatih, dan juga karyawan klub-klub LaLiga yang terpapar COVID-19. Meski kondisi negara tengah genting karena virus corona, Sociedad seperti tidak khawatir.

Dilansir Sky Sports, Sociedad akan jadi tim pertama yang memutuskan berlatih di luar ruangan sejak pandemi corona menyerang Spanyol. Klub asal Basque itu rencananya akan memulainya, Selasa (14/4) besok.

Namun, para pemain Sociedad akan dibagi dalam grup-grup kecil saat latihan sehingga menghindari kontak. Staf medis klub juga turut mengawasi latihan nanti bersama tim pelatih.

Belum ada respons dari pihak LaLiga terkait keputusan Sociedad itu termasuk Presiden Javier Tebas. Boleh jadi yang melandasi keputusan Sociedad itu adalah keberhasilan Spanyol menekan angka kematian dalam 19 hati terakhir sejak lockdown.

Sebelumnya Bundesliga jadi liga pertama yang mengizinkan tim-timnya berlatih di tengah teror virus corona saat ini. Wolfsburg dan Bayern Munich sudah mulai berlatih di lapangan meski tetap menjaga jarak.