Federasi sepakbola Spanyol (RFEF) sedang menyiapkan proposal untuk mengajukan empat tim di LaLiga yang ke Liga Champions. Kabarnya tak ada nama Atletico Madrid.
Roda kompetisi di Eropa terhenti karena pandemi virus Corona. Kompetisi liga domestik sampai turnamen klub antarklub Eropa terhenti.

Ada potensi besar bahwa kompetisi dan turnamen musim ini tidak bakal dilanjutkan lagi. Jika itu terjadi, menurut laporan Marca, RFEF sudah menyiapkan empat klub LaLiga yang bakal bertarung di Liga Champions musim depan, yakni Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad.

Mereka adalah klub-klub yang saat ini menghuni empat besar LaLiga 2019/2020 sampai pekan ke-27.

Atletico, yang selalu tampil dalam tujuh musim beruntun, menjadi tim yang bakal terpukul dengan keputusan RFEF jika kompetisi LaLiga benar-benar tidak berlanjut. Hal itu dikarenakan Atletico saat ini sedang duduk di perempatfinal Liga Champions usai menyingkirkan Liverpool.

Tim besutan Diego Simeone saat ini duduk di posisi keenam klasemen LaLiga dengan 45 poin. Atletico cuma tertinggal satu poin dari Getafe di posisi kelima dan Socieded di posisi keempat.

Tertinggal satu poin tentu sangat menyakitkan mengingat LaLiga masih menyisakan 11 laga. Artinya, masih ada 33 poin yang bisa diperebutkan hingga mengubah situasi.

Kerugian Atletico tak berada di Liga Champions musim depan juga bisa merusak keuangan klub. Sebagian besar anggaran mereka – yang telah mencapai sekitar 500 juta euro – sangat bergantung pada kemajuan dalam kompetisi tersebut.

Sebagai catatan, Atletico dalam tujuh musim terakhir mampu melaju ke final dua kali. Sial untuk mereka, semua berakhir dengan kekalahan.