Shin Tae-yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia. Dia berharap masyarakat Indonesia tak berhenti mendukung Skuad Garuda.

Tae-yong diperkenalkan PSSI sebagai pelatih anyar di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12/2019) sore. Dia diberi tugas untuk memperbaiki Timnas Indonesia, salah satunya Timnas senior yang terseok-seok di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia, yang ditangani Simon McMenemy kemudian dilanjutkan kepada caretaker Yeyen Tumena itu, berada ada di Grup G dengan nol poin dari lima laga. Skuad Garuda tinggal menyisakan tiga laga lagi untuk minimal tak menjadi penghuni juru kunci. Laga-laga sisa itu Indonesia melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

“Apa kabar? Nama saya Shin Tae-yong. Saya ucapkan terima kasih untuk sambutannya di sini. Hati saya terbuka karena orang-orang di PSSI menyemangati saya,” kata Tae-yong dalam konferensi pers.

“Saya terima tawaran dari PSSI, walaupun Indonesia dari lima pertandingan kalah, masih ada harapan-harapan ke depannya. Saya minta tolong rakyat Indonesia untuk tetap beri semangat ke Timnas supaya bisa terus maju,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Tae-yong bakal bekerja sangat panjang di Indonesia. PSSI mengikatnya dengan kontrak empat tahun.