Pemain anyar PSIM Yogyakarta, Witan Sulaeman, berpeluang melakoni debut profesionalnya di level klub. Bintang Timnas Indonesia U-22 ini direncanakan masuk skuat PSIM menghadapi Persiba Balikpapan dalam lanjutan Liga 2 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis (22/8/2019).

Witan sempat diragukan bisa bermain untuk PSIM Yogyakarta pada laga melawan Persiba Balikpapan ini karena persoalan administrasi. Surat resmi peralihan statusnya dari pemain amatir ke profesional, masih ditunggu PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Meski begitu, pelatih PSIM, Aji Santoso, mengatakan Witan Sulaeman besar kemungkinan bisa dimainkan. Tidak hanya Witan, PSIM juga berpeluang menurunkan deretan pemain baru seperti Syaiful Indra Cahya, Achmad Mahrus Bachtiar, hingga Sutanto Tan.

“Saya dapat informasi, semua pemain (baru) bisa dimainkan, termasuk Witan. Meski, dia masih menunggu perubahan status pemain dari amatir ke profesional,” ujar Aji Santoso, Rabu (21/8/2019).

Witan memang menjadi kejutan dalam perekrutan pemain baru PSIM Yogyakarta jelang putaran kedua ini. Laskar Mataram menjadi klub profesional pertamanya sebelum mengasah kemampuan ke Eropa untuk membela satu di antara tim di Benua Biru.

“Meski bisa diturunkan, tidak semua pemain baru masuk starter. Bagi saya, chemistry dengan pemain lama perlu menyatu. Kami hanya baru sekali latihan bersama di lapangan,” ungkap Aji Santoso.