Nama dari Roberto Firmino sekali lagi membuktikan jasanya dalam skema permainan Liverpool. Firmino dinilai sebagai pemain paling bagus dalam skema Jurgen Klopp.

Terbukti, Firmino memberikan dampak signifikan ketika The Reds mengalahkan Newcastle 3-1 akhir pekan lalu. Dia mengubah arah pertandingan ketika dimainkan di menit ke-36 untuk menggantikan Divock Origi.

Tercatat, sejak Firmino masuk, permainan Liverpool jauh meningkat jauh lebih baik. Mereka lebih ofensif, lebih banyak melepaskan tembakan, dan pada akhirnya mencetak dua gol kemenangan mereka.

Pujian untuk pemain asal Brasil ini pertama disampaikan oleh Jason Burt, analis Daily Telegraph. Baginya, Firmino merupakan kepingan penting dalam skema tiga penyerang Liverpool. Tanpa Firmino, Mohamed Salah dan Sadio Mane jelas kerepotan.

“Firmino dan Mane membentuk kombinasi hebat dan Firmino merupakan pelumas bagi mesin Liverpool,” kata Burt.

“Dia membuat Mane dan Salah jadi lebih baik sebab mereka merupakan pemain yang senang menyerang langusung dan sangat cerdas, tetapi Firmino punya sentuhan yang halus.”

“Dia juga menentukan tekanan Liverpool – dia tahu bahwa dia yang pertama menekan lawan, menutup ruang gerak lawan, itu juga kerja kerasnya,” sambungnya.