Ada saatnya Jurgen Klopp meninggalkan Liverpool untuk pensiun. Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar yang akan menggantikan Klopp adalah Steven Gerrard.

Belakangan ini Klopp mengungkapkan rencananya untuk pensiun setelah kontraknya di Liverpool tiga tahun lalu. Sebab, Klopp mengaku ingin istirahat karena tepat pada 2022, dia sudah delapan tahun melatih The Reds.

Apalagi Klopp sebenarnya sempat ingin istirahat melatih usai periode di Borussia Dortmund berakhir 2015. Namun, baru tiga bulan istirahat, Liverpool memanggilnya dan itu yang membuatnya relatif tidak punya jeda sejak 2008.

Kehilangan Klopp tentu akan merugikan Liverpool mengingat dia sudah ngeklik dengan tim serta suporternya. Klopp sudah memberikan trofi Liga Champions dan Piala Super Eropa serta finis runner-up Liga Inggris musim ini.

Mencari pengganti Klopp tentu tidak mudah mengingat Liverpool punya pesaing untuk mendapatkan manajer berkualitas. Jika ada yang pantas menggantikan Klopp, maka Gerrard-lah orangnya.

Steven Gerrard adalah legenda hidup Liverpool dan menghabiskan seluruh hidupnya untuk klub itu. Gerrard kini tengah melatih Rangers dan itu bakal jadi pembelajaran sebelum nantinya jadi manajer Si Merah.